Event Jelajah Wisata Sepeda Nasional

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja mendukung event jelajah wisata sepeda nasional (JSW) yang akan digelar di Tana Toraja, Desember mendatang. Saat panitia melaporkan persiapan pelaksanaan JSW kepada bupati, beliau (bupati) siap all out mendukung terselenggaranya event tersebut,” ujar Wakil ketua panitia JSW, Ivan Kalalembang kepada media di Makale kemarin. Dia mengatakan,guna menyukseskan perhelatan akbar sepeda nasional di Tana Toraja itu, bupati juga memberikan bantuan dana khusus untuk kegiatan JSW.

Pemkab Tana Toraja menilai event JSW ini bisa mendukung program pemerintah dalam meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik. Apalagi, event JSW ini merupakan rangkaian dari event pormosi wisata lovely desember yang sudah tiga tahun berturut- turut digelar di Toraja. “Bantuan dana yang diberikan bupati akan digunakan panitia untuk penyelenggaraan event JSW yang baru pertama kali digelar di Toraja,”ujarnya.

Dia menjelaskan, event JSW yang digagas oleh GCC mengusung tema “Healt and Green” akan diikuti ratusan penggiat olahraga sepeda dari berbagai daerah seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Sesuai dengan petunjuk bupati, rute JSW mengambil lokasi desa Pango-pango kecamatan Makale Selatan dan finish di desa Pattawanan kecamatan Gandasil.

Lokasi tersebut menyimpan keindahan panorama alam Tana Toraja yang menjadi andalan sektor pariwisata daerah menarik minat kunjungan wisatawan Menurutnya,sesuai dengan konsep Go Green yang menjadi issu kegiatan JSW ini, setiap peserta lomba akan diberikan minimal satu bibit pohon yang nantinya akan ditanam sendiri oleh peserta sepanjang lintasan JSW.Kordinat penanaman pohon akan ditentukan oleh panitia.Pemkab melalui dinas kehutanan dan perkebunan Tana Toraja sudah bersedia menyiapkan 1.000 bibit pohon.

Ketua DPRD Tana Toraja selaku ketua panitia pelaksana event JSW Welem Sambolangi mengatakan, agenda kegiatan jelajah sepeda wisata nasional sangat menantang. Apalagi baru pertama kali dilaksanakan di Toraja dan tidak hanya melibatkan peserta lokal tetapi skala nasional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel